Kepompong Ekonomi Syari’ah

“Mengindahkan Ekonomi Yang Bersyari’ahkan Islam”

Profile

KES atau Kepompong Ekonomi Syariah adalah sebuah kelompok studi yang concern di bidang ekonomi Islam. Ekonomi Islam adalah sistem ekonomi yang berlandaskan pada tauhid (ketuhanan), nubuwwah (sifat-sifat kenabian), ‘adl (keadilan), khilafah (pemerintahan), dan ma’ad (hasil). Kelima nilai universal ini yang menjadi ruh pergerakan ekonomi Islam. Ekonomi Islam memiliki keunggulan dibanding sistem ekonomi kapitalis yang telah nyata boroknya.

Dalam bingkai sejarah, ekonomi Islam adalah sistem ekonomi yang terbukti mampu mensejahterakan setiap golongan masyarakat bukan hanya sebagian kecil kelompok, hal ini terbukti ketika zaman Rasulullah, khalifah serta para sahabat. Di lihat dari realita kekinian, ekonomi Islam terbukti mampu bertahan dari terpaan gelombang badai krisis global saat sistem ekonomi lain terseok-seok mengukuhkan eksistensinya.

Terbentuknya kelompok studi ini berawal dari keinginan beberapa orang mahasiswa ekonomi Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, untuk lebih memperdalam ilmu ekonomi Islam. Bagaimanapun, ilmu yang didapat di bangku kuliah hanya sebagai pengantar untuk selanjutnya mahasiswa sendirilah yang mencari bentuk utuhnya. Selain itu, kami pun becita-cita membantu pihak terkait untuk mengakarkan ekonomi Islam di ranah pertiwi.

Setelah berembuk bersama, akhirnya disepakati bahwa KES (Kepompong Ekonomi Syariah) menjadi nama kelompok studi ini.

Istilah kepompong sendiri terinspirasi dari metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu. Kepompong identik dengan adanya perubahan ke arah yang lebih baik, mencitrakan sesuatu yang tidak indah berubah menjadi indah. Barangkali itulah filosofi mengapa kelompok studi ini dibentuk.

Kegiatan yang dilaksanakan saat ini masih terbatas pada kajian mingguan mengenai ilmu ekonomi. Materi yang dikaji tidak hanya terbatas pada ekonomi Islam tetapi juga membahas ilmu ekonomi secara keseluruhan. Pembicara sendiri diisi oleh orang-orang yang kompeten, baik itu dosen, praktisi ekonomi ataupun mahasiswa itu sendiri.

4 Tanggapan to “Profile”

  1. waw,,, adanya kelompok kajian ini, semoga saja menjadikan ekonomi islam lebih dipahami dan lebih membumi lai di Indonesia

  2. Assalamualaikum… Salam kenal dari Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) UIN Jakarta, Lisensi…

  3. pak admin . . kenapa lama tidak aktif?
    padahal kami butuh info ttg ekonomi syariah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: