Kepompong Ekonomi Syari’ah

“Mengindahkan Ekonomi Yang Bersyari’ahkan Islam”

Kupas Tuntas Pemikiran-Pemikiran Keynes

Posted by kesuinjkt pada 4 Mei 2009

Oleh: Muhammad Gufron Hidayat (Mahasiswa Perbankan Syari’ah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

A. Sekilas Keynes

John Maynard Keynes (1883-1946) mula mula mendapat pendidikan di Eton. Ia banyak memenangkan berbagai hadiah dalam bidang matematika, bahasa Inggris dan seni klasik. J.M. Keynes betul-betul cerminan seorang cendekiawaan tulen. Selain ahli dalam ilmu ekonomi, yang didukung oleh kepiawaiannya dalam ilmu matematik, ia juga mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang falsafah, politik, bahkan ia mengerti dengan dunia sastra, seni lukis, teater drama dan tari balet klasik.

B. Karya-karya keynes

  • Tahun 1913 ia menulis: Indian Currency and Finance, yang menjelaskan mengenai masalah moneter.
  • Tahun 1919 ia menulis: The Economic Consequences of the Peace. Dalam buku ini ia mengkritik cara-cara yang digunakan oleh negara yang menang perang dunia pertama dalam menekan negara-negara yang kalah perang. Negara pemenang perang menekan negara yang kalah dengan syarat pembayaran utang yang berat. Ia berasumsi bahwa hal itu dapat menimbulkan rasa marah dan dendam dari masyarakat yang kalah perang.
  • Tahun 1922 ia menulis: A Revision of The Treaty.
  • Tahun 1923 ia menulis: A Tract on Monetary Reform
  • Tahun 1930 ia menulis: A Treatis on Money. Buku yang terdiri dari dua jilid ini secara berturut-turut membahas teori-teori murni tentang uang dan penerapannya dalam perekonomian. Dalam hal ini perlu dicatat, dalam beberapa bukunya yang terbit sebelum The General Theory, Keynes masih berada dalam jalur pemikiran klasik dan neo klasik. Akan tetapi jalur ini mulai ditinggalkan saat ia menulis The General Theory.
  • Tahun 1936 ia menulis: The General Theory of Employment, Interest, and Money. Buku ini ditulis sebagai reaksi terhadap depresi besar-besaran yang terjadi tahun 30-an yang tidak berhasil dipecahkan dengan metode klasik dan neo klasik.

C. Kritikan Keynes terhadap Teori Klasik

  • Pendapat itu dibantah kembali oleh kaum klasik, mereka beralasan bahwa tabungan akan dihimpun oleh lembaga-lembaga keuangan dan akan disalurkan pada investor. Menurut keyakinan mereka, pasar akan mengatur dengan sedemikian rupa sehingga jumlah tabungan akan sama dengan jumlah investasi.
  • Pendapat itu dibantah kembali oleh Keynes. Ia berpendapat, motif orang untuk menabung tidak sama dengan motif pengusaha untuk menginvestasi. Pengusaha melakukan investasi didorong oleh keinginan untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya. Sementara itu, sektor rumah tangga menabung didorong oleh berbagai motif yang sangat berbeda. Termasuk di dalamnya ialah motif untuk berjaga-jaga (pre-cautionary motives).
  • Kritikan Keynes yang lain terhadap sistem klasik yang juga sangat perlu diperhatikan ialah pendapatnya yang mengatakan bahwa tidak ada mekanisme penyesuaian (adjustment).
  • Menurut pandangan Keynes, dalam kenyataan pasar tenaga kerja tidak bekerja sesuai dengan pandangan klasik tersebut. Di mana pun para pekerja mempunyai semacam serikat kerja (labor union) yang akan berusaha memperjuangkan kepentingan buruh dari penurunan tingkat upah.

D. Peran Pemeritah dalam Perekonomian

Dari hasil pengamatannya tentang kejadian depresi ekonomi pada awal 30-an Keynes merekomendasikan agar perekonomian tidak diserahkan begitu saja pada mekanisme pasar. Hingga batas tertentu peran pemerintah justru diperlukan. Keynes lebih sering mengandalkan kebijaksanaan fiskal. Dengan kebijaksanaan fiskal pemerintah bisa mempengaruhi jalannya perekonomian.

Jika diamati, sepertinya Keynes sependapat dengan Marx yang mengatakan bahwa sistem ekonomi klasik tidak bebas dari fluktuasi, krisis pengangguran dan sebagainya. Marx berusaha menghancurkan sistem kapitalis dan menggantikannya dengan sistem sosialis. Namun sebaliknya, Keynes justru ingin menyelamatkan sistem liberal tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Deliarnov, 2007, Perkembangan Pemikiran Ekonomi, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mark Skousen, 2001, Sang Maestro Teori-teori Ekonomi Modern, Jakarta: Prenada.

About these ads

Satu Tanggapan to “Kupas Tuntas Pemikiran-Pemikiran Keynes”

  1. haty berkata

    A GOODD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: